DiY Pupuk Tancep

Halo bro n sis, mo sharing artikel DiY lagi nih. Seperti yg bro sis semua tau, salah satu faktor penting dalam aquascape adalah nutrisi, nutrisi bisa didapet dari PDO (pupuk dasar organik), pupuk cair yg diberikan tiap hari maupun pupuk tancap.

Dipasaran banyak merk pupuk tancap yg beredar, kualitasnya emang bagus dan nutrisinya juga udh disesuaikan sama kebutuhan taneman air. Tapi ada kualitas ada harga :D. Salah satu merk harganya 90rb isi 160 tablet, bagus emang, tp mahal :P

Nah disini gw mo share bikin pupuk tancep murah meriah dan pengaplikasiannya di tank.

Bahan yg diperlukan kayak gambar dibawah :

Photo0753

1. Kapsul kosong, bro sis bisa dapetin kapsul kosong ini di apotek terdekat. Bilang aja mau beli kapsul kosong, ada banyak ukuran, terserah mau yg mana, makin besar ukuran makin banyak pupuk yg bisa dimasukin didalemnya. Harganya antara 100-200 rupiah per kapsul.

2. Pupuk NPK (digambar yg bulet2 kecil warna biru). Beli di toko taneman, merk yg terkenal diantaranya Dekastar, Mutiara dll. Yang penting klo buat aquascape ini, cari yg unsur N-nya paling besar. Normalnya perbandingan unsur N:P:K pada pupuk npk adalah 16:16:16. Nah bro sis cari deh yg unsur N-nya paling gede. Harganya berapa ? sekilo 10-20rb.

Jadi misal mo bikin 100 kapsul, butuh dana : kapsul 150 x 100 = 15.000, pupuk 15.000. Total 30rb. Itupun pupuk npk yg terpakai gak sampe 1 ons :D

Selanjutnya pengaplikasiannya. Sangat mudah, cukup masukin butiran pupuk ke dalem kapsul, gak ush terlalu padet yg penting kapsul bisa ditutup rapet ajah.

Photo0754

Nah pengaplikasian di tanknya gimana ? untuk taneman karpet, tancep tiap jarak 5-10cm. Untuk taneman biasa, tancepin satu kapsul di akarnya taneman. Pastiin kapsulnya ditancem dengan benar dan tidak terkena sinar cahaya (baik lampu maupun matahari) langsung, alias lumayan dalem namcepnya (3-5cm).

Oke semoga berguna.