Penting gak sih rumah diasuransiin ? ya tergantung. Dulu sih ngerasa gak penting, buat apa, emang resikonya apa. Sekarang baru ngerasa, abis duit banyak buat ngerenov, tampilan rumah lebih bagus, kok sayang yah klo sampe kenapa kenapa. Belum lagi duit yg harus dikeluarin buat benerin. Dan kalo sampe kebakaran :jangansampedeh: ya harus bongkar total. Mulaid ari awal lagi donk.

Image

Tahun ini juga tingkat kebakaran di jakarta meningkat, data sih gak ada, tapi sekilas pernah baca kalo kebakaran di jakarta tahun 2013 meningkat hampir 100%. Kebanyakan didaerah padat penduduk dan karena pemakaian listrik ilegal.

Rumah gw sendiri bukan dipadat penduduk, listrikpun legal dan kanan, kiri belakang rumah juga tanah kosong, alias ga nempel rumah orang. Resiko kecil toh ? tapi kok tetep ngerasa perlu ya, sapa tau ada koslet, trus kebakaran :amitamit: nah siyal kan. Toh preminya cuman 100ribuan pertahun, ga kerasa lah, dan itu ditanggung full sama isi rumahnya.

Isi rumah itu maksudnya perabot, kalo kendaraan yg ada di garasi ato carport ga dicover, itu ada sendiri asuransinya. Kapan kapan kita bahas, cos penting, apalagi buat yg mobil/moge-nya lebih sering ngejegrok dirumah ketimbang dipake. Kalo buat kendaraan tempur, ya biarlah habis akibat penyusutan dan masa pakai😀

Image

Ada beberapa asuransi yg menawarkan jasa asuransi rumah, ACA, sinarmas, jaya dll. Yg pasti, cari perlindungan yg sesuai sama kebutuhan, misal mengcover kemalingan, kebakaran karena hubungan arus pendek, kompor meledug, petir, penggantian isi rumah. Disesuaikan lah sama kebutuhan dan pastiin baca polisnya dengan teliti.