Menarik membaca kurikulum 2013 yang baru buat anak SD disini. Intinya, mulai tahun ajaran 2013/2014, mata pelajaran Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi  akan dihapus dari mata pelajaran sekolah dasar (SD) dan dialihkan menjadi ekstrakulikuler. Tahun ajaran 2013/2014 emang udah dimulai dari Juli kemaren. Kebijakan itu sedikit telat, buku pelajaran pasti udah dibeli berikut tetek bengeknya. Tapi kalo melihat ke 2014/2015 ya bagus juga menurut gw, toh apa pentingnya it sama bahasa inggris bagi anak sd.

Image

Tapi begitu liat komennya, ceileh, menurut komentator IT n bahasa inggris itu penting banget, biar gak ketinggalan jaman, biar negara ini maju, biar pinter anaknya, biarlah semuanya berlalu. Benarkan segitu pentingnya ?

Buat anak sd, IT gak jauh dari penguasaan gedget, bisa maen game di android ya udah bagus, bisa nyalain matiin ps3, ngupdate firmware, maen onlen itu juga bukan kewajiban, kalopun bisa malah ngebantu sibapak. Asal jangan uninstall aplikasi berbayar, delete save game, format harddisk ajah, bisa mutung si bapak😀. Komputer ? liat aja cover TIK sd. kelas 2 diatas, yg di pelajarin paling cuman ms.paint. Emang sih gw punya temen yg sejak 9 tahun udah bisa bikin HELLO WORLD !, ya tapi itu cuman 1 dari seluruh temen yg gw punya dan sampe sekarang pun dia gak jauh dari keyboard.

Bahasa Inggris ? dari study yg pernah gw baca, penguasaan 2 bahasa pada usia balita justru membuat si anak bingung. Toh kalo dipikir juga, buat apa anak sd bisa ngomong bahasa inggris kalo tinggalnya masih di indonesia, orang tuanya dirumah juga klo gak ngomong indonesia ya ngomong bahasa daerahnya, iya tho lee. Biar keren ? maybe.

Penjaskes, seharusnya sih ini tetep dipertahanin yah, tapi dihapus bukan berarti ditiadakan kok, tuh masih ada ekskulnya. Tapi gw sih tetep pengennya penjaskes bukan ekskul, tapi wajib, mosok seminggu sekali senam aja gak bisa diwajibin.

next : pelajaran yg dibutuhin generasi baru