Image

Gambar diatas jelas cuman editan dari buku sekolah anak kelas 5 SD cawu 2, ya seenggak-enggaknya itu yg bisa gw inget. Tapi gak jauh dari kelas 5, mereka udah pada mulai mempraktekan gambar editan itu lho. Liat aja anak smp udah pada tawuran, pake benda tajam pula. Video mesum ? yang paling muda yg gw tau juga dari anak smp, konon dari garut.

Apakah IT dan bahasa inggris yg dipelajarin di SD bisa membentengi prilaku “normal” tersebut saat mereka beranjak SMP ? Bisa aja gw bilang iya, cos berdasarkan penelusuran internet, di inggris sono gak ada tuh anak middle school tawuran or ngesex. Akh dibuat buat banget alesannya. Heheheheee.

Pengalaman pribadi aja, ngajarin Lian (4 tahun) untuk tidak bilang “x rambutnya jelek yah pa” (baca: menjelekan sesama teman) aja susahnya minta ampun. Dibilangin, “Lian gak boleh bilang begitu, itu rambutnya bukan jelek tapi berdiri/ngejegreg”, di tanya lagi “Berdiri/ngejegreg itu apa ?”, udah dijelasin apa itu ngejegreg, bilang lagi “Tapi kan itu jelek”. #gubrak.

Image

Bukan Pancasilanya yg dikedepankan, tapi nilai budi luhur yg terkandung didalamnya.

Mungkin terdengar klise, tapi pelajaran dan pengamalan Moral dan Etika yang paling penting ditanamkan sejak dini. Ditanamkan, dijelaskan, dipraktekan dan dibudayakan. Mengapa ? ya liat aja generasi skrg, gak remaja, muda, tua, berbagai golongan….. akh sudahlah, gak usah dijelasin, udah pada tau sendiri kan.

Contoh bagusnya bisa baca disini

Semoga berguna.