Kembali kita bahas the Big N, diberbagai media diberitakan mereka memangkas target penjualan WiiU bahkan 3DS. WiiU yg semula ditargetkan terjual 9jt unit di tahun fiskal 2014 (tahun fiskal nintendo dimulai April sampe Maret, red.) dipangkas hanya tinggal 2,8jt. Sedangkan 3DS yg semula 18jt jadi 13jtan cmiiw klo rada salah angkanya.

WiiU emang bukan konsol yg laku, sejak kemunculannya banyak yg udah memberi cap DOA, bahkan hingga detik ini baru sekitar 5jt unit yg terjual (cmiiw), termasuk 1 ada dirumah saya😀. Sedangkan 3DS setelah sempat terseok di awal peluncuran, tp akhirnya berhasil menjadi jawara handheld dan penjualan tiap bulannya selalu di posisi 1 untuk kategori handheld. Ya ini karena agresivitas Nintendo dalam merilis games exclusive untuk 3DS.

The Lagend of Zelda Wind Waker HD

Angka itu artinya apa ? salah prediksi ? terlalu percaya diri ? tidak bisa mengikuti tren pasar ? ya mungkin salah-satu-atau-dua ada benernya. Tp yg pasti, itu artinya RUGI. WiiU jelas proyek rugi, berbagai game exclusive tetep gak mampu mengangkat pamornya. 3DS laen soal, tapi toh tetep kena pangkas target. Terlalu percaya diri ? bisa jadi.

Banyak yg menuding penyebabnya adalah WiiU. Konsol ini bukan konsol jelek sebenernya, walaupun rawpower emang jauh dibelakang PS4 dan X1. Tapi sebagai konsol game, dan kekuatan pengembangan software bigN, WiiU sangat potensial. Tapi menurut gw pribadi, kegagalan WiiU karena “lightning doesn’t strike the same place twice”. Wii, konsol yg sangat sukses dan jawara di 7th gen. Padahal, fitur HD gak ada di Wii, toh ps3 dan x360 tetep gak sanggup ngalahin wii.

wii

Kenap Wii sukses ?
* Motion sensor. Yaps, jadilah yg pertama dan anda akan menang.
* Software sales hardware. Biaya development yg murah dan target audience yg luas membuat banyak developer membuat game untuk wii.
* Casual gamers (debatable sih)
* Era HD baru datang, penetrasi ps3 n x360 butuh waktu
* Era konsol online baru datang, penetrasi ps3 n x360 butuh waktu. Walaupun wii ada fitur ini toh mereka cerdas tidak menghamburkan uang untuk sesuatu yg masih sulit diterima.
* Lowest price. Dengan sejumlah fitur abstain dibanding kompetitor, tentu harga bisa ditekan
* Krisis ekonomi dunia tentu opsi jatoh ke konsol termurah.

Bisa disimpulin Wii, membuat market sendiri, blue ocean. Disaat kompetitor mempertarungkan hardcore gamers dengan fitur hd, extensive playability, konsol power yg superior, interkoneksi dalam bermain dan kecanggihan laen yg kadang itu sesuatu yg baru bagi gamers. Nintendo dengan gimmick motion sensor justru menggebrak dengan game keluarga simple tapi menyenangkan dan gak perlu merogoh kantong dalem supaya seneng.

Strateginya mirip siapa ? Yups, selaen gamers, gw jg biker, dan gw liat strategi big N terlalu mirip geng ijo Kawasaki Motor Indonesia. Blue Ocean Strategi, first market leader.

kawasaki

Nah WiiU mencoba menggunakan formula yg sama dengan Wii, semetara lawannya ps4 dan x1 juga dengan formula yg sama cuman ditambah rawpower yg lebih jetar membahana. Minusnya, WiiU tidak menawarkan sesuatu yg baru, motion sensor bukan barang baru, secondary screen gak dioptimalkan dan murni gimmick. Beda sama KMI yg selalu berfikir out of the box, membuka 250 market, membuka pasar trail/dual purpose, membuka pasar moge, motor baru design baru lebih agresif, membuka retro big bike, kompetitor masuk ke market gw ya gw buka market baru lage.

Hasilnya ? liat aja skrg. User sudah berinvest untuk tv hd. Walau wiiu jg udah HD, tp kubu nintendo masih meraba gimana mendevelop game untuk HD, dan itu diakui mbah Miyamoto. Online gaming jg gitu, sementara fitur itu justru tetep minim di kubu nintendo. WiiU emang paling murah, tapi udah nyentuh harga psikologis, so ngapain klo sama2 mahal tp bli level terendah. Dengan harga konsol yg superdupermahal, dan ekonomi yg belum pulih, tentu audience yg tersisa adalah hardcore gamers yg tentunya emang niat banget maen game. Casual game ? saya rasa mereka stay di 7th gen konsol.

nintendo2

Nintendo emang blon nyerah sama WiiU, setidaknya itu keliatan dari lineupgame di 2014 ini, yg kebanyakan menggunakan formula “karakter lama petualangan baru”. Tapi dari angka pemangkasan target diatas, keliatan klo nasib WiiU udah diujung jalan. Artinya, game di 2014 ini ya cuman buat ngisi lineup aja, target-nya balik modal, bisa profit ya bonus ajah.

Verdict : tinggal menghitung hari supaya big N mengumumkan the next konsolnya…