Motor2013Judul

Menarik melihat strategi 2 pabrikan yg lagi getol mempertahankan dan merebut posisi “RAJA” Sport tanah air. Kalo dirangkum, Honda mencoba strategi gencet dari bawah dengan produk murahnya Verza dan di backup MegaPro yg identik dengan motor bapak serta CB150SF yg diidentikan sebagai “motor hitech”, dohc, 6speed, suspensi prolink, rangka trustframe bla bla bla lah. Sedangkan Yamaha tetap mengedepankan DNA balapnya, NVL menjadi garda terdepan, juga dengan image “hitech”, teknologi motogp, forge piston, design kelas dunia dan lainnya. Bedanya Yamaha ogah maen di segmen sport bawah, bahkan penjualan Byson pun sepertinya gak berkembang. Dengan rencana peluncuran R15 dan R25, semakin mengedepankan kalo Yamaha itu emang motor kenceng dan cocok untuk mereka yang pengen teknologi terkini, keren, pride dll. Bukan berarti konsumen Honda itu minder, gaptek, jadul lho. Cuman approach marketing sayap mengepak gak seperti itu.

Motor2013ByType

Nah, marketnya gimana ? 2013 kemaren membuktikan, bebek mulai ditingkalkan. Sementara matic meroket dan sport pun menggeliat. Ada yg bilang tahun 2014 penjualan motor bisa nyentuh 8jt. Dari pergeseean market diatas, yg pengen simple pindah ke matic, yg nyari torsi dan lebih gaya alias macho pasti ke sport. Tapi perlu diinget, pengguna motor bebek yg mau naek kelas gak semua doyan design sport hitech yg gawul, babeh gw tentu gak bakalan beli cbr ato r25. Nah disini, Honda sudah menyiapkan pasukannya, Verza, MegaPro dan disinyalir Next Tiger bakal diposisikan untuk konsumen tipe beginian. Yang mau gawul, ada tuh CB150SF, CBR150 lokal, New CBR250 dan naked CBR250. Kalo Yamaha ? mungkin kasarnya begini : “lu mau motor kenceng ? gawul ? harga yg sesuai dengan fitur ? nih gw punya produk yg pas banget buat lu. Gak suka ? ya harus suka”

Gimana hasilnya di 2014 ? time will tell lagh :3

sumber gambar : http://arantan.com/infographic-penjualan-motor-2013/