Perebutan ms gak cuman ada di dunia r2 Indonesia gan, diranah teknologi juga jadi rebutan. Sebut aja Apple dengan iOS, Samsung/LG/Sony dkk dengan Android, Blackberry dan terakhir Microsoft dengan Windows Phone-nya.

nokiaxandroid780x390

Kemaren Nokia ngerilis Nokia X. Dimana produk ini menggunakan os android ver.4.4 (kitkat) yg sudah dimodif dengan tampilan ala metro windows phone dan diganti nama menjadi Nokia X software platform 1.0. Hal ukik lainnya, os ini dirilis tanpa dukungan aplikasi google tetapi diganti menggunakan aplikasi yg dikembangkan oleh Microsoft atau Nokia, seperti google maps diganti sama Nokia Here Maps/Drive, Gmail diganti sama Outlook-nya microsoft, Google Notification diganti sama push notification cloud-nya microsoft, google diganti bing, PlayStore diganti Nokia Store, Hangouts diganti Skype dll.

Tanda tanya besar bukan kenapa os android tanpa layanan google ? tapi kenapa Microsoft sekalu induk Nokia meresteui Nokia merilis hp dengan os android custom, padahal mereka sudah punya Lumia dengan Windows Phone ?

smartphone-marketshare

Back dulu deh, performa Lumia gimana sih ? bukan secara hardware yah, tapi secara market. Cukup bagus lah, bisa menyalip Blackberry, tapi masih jauh dari 2 pemain besar iOS dan Android. Padahal secara performa, windows phone jauh lebih bagus dari android pada level hardware yg sama. Ya ini murni subjektif gw ajah, tapi dari yg gw rasakan memakai L520 vs Polytron Wizard Quadra, Lumia jauh lebih unggul, padahal level hardwarenya lebih tinggi quadra lho. Kekurangan Lumia ada di Windows Phone-nya, dimana ekosistem dia belum sesempurna Android.

Balik ke Nokia X. Disinyalir, pemilihan android di Nokia X untuk menjaring pasar android. Targetnya jelas, pengguna android yang menginginkan hp nokia. Tapi microsoft mengganti android experiance dengan windows phone experiance “abal-abal“. Ya gw sebut abal-abal, karena ini masih android tapi rasanya aja dibikin windows phone. Oh iyah, pricing juga dibikin serendah mungkin. Cuman satu setengah juta, jangan bandingin sama hape cina, ini nokia bung, terkenal awet dan bandel-nya.

Diharapkan, dengan pengalaman baru ini, tidak sulit bagi mereka untuk beralih ke the real windows phone experiance, which is 2sd best bellow iOS, IMHO.

Okay bro, semoga berguna.