Photo0584

Minggu kemaren, bini mau kulakan di asemka n itc mangga2. Daripada bengong dirumah maen wiiu ato ps3, mending nyicipin atraksi baru wisata di Jakarta, Bis Tingkat City Tour Jakarta. Sebenernya udh dari awal Maret kemaren ngasih tau ke Lian, klo skrg Jakarta juga punya bis tingkat. Dia jelas exited pengen naek, tapi baru kemaren ada waktu buat nganterin.

Berhubung info yg minim, taunya cuman ini bis berangkat dari bunderan HI thok. Yo wis naek KRL ajah, turun di st. Sudirman, nanti nyambung busway ke halte HI. Begitu turun di Sudirman jam 9:20, ternyata hari ini ada cfd, niat naek busway dibatalkan, jalan kaki ajah, sambil nikmatin udara pagi + makan eskrim stroberi.

Lama juga jalan dr st. sudirman ke bunderan HI, 30 menit lebih. Maklum si anak kebanyakan maen kesono kemari. Selain cfd, ada pasar dadakan juga, jadi sempet liat-liat dan jajan-jajan. Sesampainya di HI juga gak langsung ke haltenya, Lian pengen maen aer mancur dulu. Hahaha yo wis, emang dia blon pernah maen ke aer mancur HI ini, ya palingan liat dari mobil doank. Selese dari situ baru deh ke halte HI, jam stgh 11😀.

Nunggu dihalte

Info dari pak polisi, klo cfd bis tingkat baru jalan jam 11, oke sebentar lagi berarti. Dihalte juga gak terlalu rame, ada 4 rombongan yg kayaknya pengen naek bis tingkat, 2 orang bule, ibu bapak dan 1 anak kecil, ibu nenek dan sang cucu.

Ada tukang otak-otak, beli akh. Waladah, ternyata diembat semua sama Lian, seinget gw emang dia blon pernah jajan otak otak juga sih. Susahan nyari otak-otak di Ciledug ketimbang sepanjang thamrin sudirman😀. Gak cukup 1, sampe 2 bungkus abis sendirian. Saking senengnya sampe ngetawain papa, “kasian papa gak dibagi” gitu katanya.

Ketawa abis ngabisin otak-otak

Udah jam sebelas lewat, bisnya kok blon keliatan yah. Katanya tukang kopi yg sepedahan, “biasanya jam 12an pak”. Waks, bisa ngambek nih anak. Mana yg ngantri makin numpuk pula. Sempet mikir, muat gak yah ? mosok harus nunggu kloter selanjutnya biar nikmatin naek di lt. atas, padahal gw kan termasuk yg pertama ngantri. Bismillah ajah.

Akhirnya setelah dibecandain (biar gak bt), lari-larian di halte, tidur-tiduran kecapean, jajan lagi, jam 11:45 bisnya nongol. Awalnya pada grusak grusuk, tapi sang kondektur nge-wanti-wanti. Klo gak tertib, pintu gak dibukain. Yeeee, akhirnya pada tertib, fyuh endonesia banget. Tujuan utama jelas duduk di lt. atas.

pose dulu sebelom naek

Katanya Jakarta punya 5 bis tingkat skrg. Tiap bis ini berisi 4 awak, supir (yg semuanya cewe), polisi, guide dari KHI dan kenek. Rutenya, HI-Monas-Harmoni-Pasar Baru-Lap. Banteng-Istiqlal-Kathedral-Veteran-Istana Merdeka-Monas-Balai Kota-Sarinah-HI. Bis tingkat ini punya sebutan, “mpok Siti”, karena semua supirnya cewe. Total Perjalan sekitar 1 jam. Sepanjang perjalanan, guide menceritakan latar belakang bangunan/lokasi yg disinggahi bis tingkat.

Klo hari minggu, naek dan turun cuman bisa dihalte yang sama. Jadi klo naek di HI ya turun di HI lagi dan gak ngangkut penumpang di halte laennya. Tapi klo hari normal, kata guidenya, ada 9 halte naek turun, HI arah monas, Monas 2 arah, Pecenongan, GKJ, Istiqlal, Medan Merdeka Utara, Balai Kota, Sarinah.

Yang jelas, Lian seneng banget bs nyicipin duduk di lt. atas. Papa-nya juga dulu cuman sekali naek bis tingkat, waktu jaman p43 masih ada versi tingkat, naek bareng bapaknya papa😀. Kesannya ? tinggi, jarang jarang toh bisa ngeliat atap bis kota. Apalagi hari minggu jalanan cenderung sepi, jadi nyaman banget dah. Hal yg paling penting, bisa da-dag-da-dag sama orang dibawah😀.

senyum woooo, aku tinggiEntah kenapa, kok gak pusing yah. Cos dulu pas naek p43 tingkat, kok kayaknya pusing, cos jalannya ndut-ndutan. Yg sekarang smooth banget, Lian jg anteng ajah.

Turun di HI lagi, langsung cari makan dan balik ke rumah😀.

Tips : berdasarkan pengalaman, tunggu di halte HI (bukan halte busway HI yah) jam 12.30, trus naek yg jam 13.00, karena cenderung kosong. Ato yg berangkat jam 14.00 sekalian sepertinya lebih sepi. Klo dibawah itu kayaknya rame yah, cos mulai sore kan.