Ditahun 1983, Atari, salah satu pembuat konsol game mengalami kerugian besar karena salah satu game besutannya E.T. the Extra-Terrestrial gagal di pasaran. Saat itu Atari bersaing dengan Nintendo (Nintendo Entertainment System).

et

Klo cuman gagal sih masih wajar, tapi ini sudah memproduksi jutaan cartridges (di indonesia disebut kaset), trus gak laku semua. Bukan hanya gagal jual, Atari pun terpaksa melakukan buyback terhadap kaset yg sudah tersebar ke retailer dan tidak laku terjual. Damn, siyal bener. Kenapa sih bisa sampe gitu ? overconfident dan kesalahan management.

Film E.T. besutan Steven Spielberg sangat fenomenal dan laku luar biasa dan ini membuat Atari mencoba menghadirkan versi gamenya. Tapi Atari bertindak ceroboh (klo gak mau dibilang super bodoh), yo mosok jumlah konsol yg beredar gak nyampe 2 jt tapi memproduksi hampir 4jt kaset untuk satu judul.

Apa lacur, nasi sudah menjadi bubur, jutaan kaset yg sudah diproduksi gak tau harus diapain. Disinilah muncul mitos, 14 dump truck yg penuh berisi jutaan kaset Atari, bukan hanya judul E.T. saja, tapi lainnya yg gak laku terjual dan beberapa konsol defuct, dibawa dari pabrik Atari di El’Paso, Texas untuk dikubur di gurun New Mexico.

Hanya mitos ? Tahun lalu, pembuat film dokumenter yang dibiayai Xbox Entertainment Studios tertarik sama mitos ini dan mencoba membuktikannya. Setelah menggali, menggali, menggali dan menggali di lokasi yang dikatakan sebagai kuburan masal tersebut, minggu lalu, mereka membuktikan bahwa itu bukan mitos😀.

kaset_et

Sutradara Zac Penn menunjukan kaset E.T dilokasi penggalian.

kaset_atari

Beberapa artifak lainnya.🙂

Film dokumenter tersebut akan dirilis tahun ini juga via jaringan Xbox, sampai saat ini belum ada konfirmasi lebih lanjut apakah akan hadir format lainnya. Smoga ada format dvd retailnya, ato minimal format ganool lah😀

Kira kira, pabrikan motor dalam negeri ada yg ngulang kesalahan yg sama gak yah ?

Sumber :
http://www.nintendolife.com/news/2013/06/weirdness_someone_is_planning_on_digging_up_ataris_buried_et_cartridges

http://www.theguardian.com/technology/2014/apr/26/film-crew-finds-atari-et-games-new-mexico