Udah pernah nyicipin KRL jabodetabek gan ? Skrg sistemnya udh bagus, tarifnya murah dihitung per stasiun, trus pake elektronik gituh, masuk tap kartu (bisa kartu sekali jalan, komet, flazz, brizi) keluar tap kartu langsung kepotong saldonya. Klo pake yang sekali jalan ribet, cos naroh jaminan dan jaminan diambil saat balikin kartu. Saran gw sih bli flazz ajah, harga 20rb saldo 20rb, topup tinggal via atm or ebanking. Klo komet harga 50rb saldo 30rb, rugi 20rb gan😀.

flazz

Tapi yang namanya transportasi publik ya tetep aja ada kekurangannya, terutama kurang banyak armadanya. Seperti yg gw alamin pas nemenin bini kulakan ke tanah abang kemaren. Terlihat jumlah penumpang membludak saat kereta tujuan Parung Panjang tiba. Semua pada berebutan mau masuk, padahal didalem masih banyak penumpang yang blon turun… Hais, harusnya dahulukan yang turun kan yah ?

bejubel

bejubel

Setelah pada empet empetan didalem, baru deh penumpang bisa keluar, aneh.masuk_baru_keluar

Interior KRL pun skrg bagus yah, ber-AC, dingin, bangku juga empuk dan gak robek robek, pegangan buat berdiri ada banyak (nah klo ini masih ada yg suka ilang nih pegangannya). Tapi balik lagi, klo kondisinya empet-empetan kayak sarden ya gak nyaman juga sih, harusnya emang lebih banyak armadanya.

Oh iyah, beban bertarung memperebutkan secuil posisi didalem KRL juga bertambah lho, karena biasanya para kulakers nenteng barang belanjaan yang gak sedikit. Tangan kanan dan kiri udh penuh sama belanjaan masing-masing.

bawaanKarena gw rutin ke tanah abang, jadi tau triknya biar gak empet-empetan kayak diatas. Ini triknya : Usahain selese belanja jam 3, 4 atau 5. KRL tujuan serpong, parung panjang dijam tersebut berangkat 2x. INGET, 2x. Jadi misal jam 3 agan udh standby di stasiun, trus kereta pertama tiba, JANGAN NAEK, karena nasibnya bakal kayak foto diatas. Sabar aja, 10-15 menit lagi bakal dateng kereta ke-2. Trus jangan nunggu di gerbong 1-2-3 (posisi deket tangga turun), nunggu aja di paling belakang, gerbong 6-7-8. Begitu kereta tiba, viola, semua penumpang dapet tempat duduk😀.

Oh iyah, kereta pertama sampai parung panjang, sedangkan kereta kedua cuman sampe serpong, jadi tips diatas berlaku untuk yg tujuan akhirnya maksimal serpong yah gan.

Klo diatas jam 5 sih pasti aman yah, pernah jam 7, weh, kosong melompong… Semoga berguna.