Di event tumplek blek kemaren, gw sempet nyoba Vario 110 Fi. Vario 110 Fi ini basicnya berbeda dibanding gen lawas, versi baru ini merupakan turunan Beat Fi. Berhubung dirumah ada vario 110 lawas dan juga beat fi, jadi gw paham bener perbedaan karakter keduanya. Seperti apa karakternya saat kedua spesies ini digabungkan dan dikasih nama Vario 110 Fi ? cekidot.

Oh iyah, penampakan aksinya gak ada yah gan, maklum peginya sama balita😛.

vario110_2014_04

Secara keseluruhan, siluet design mirip sama gen lawas tapi dengan perubahan yang lebih manis. Cukup beralasan, cos biarpun usianya udh 8 tahun, design gen lawas itu everlasting dan banyak digemari, terbukti dari angka penjualannya nongkrong yg diposisi 3 dari seluruh matic honda, padahal usianya gak muda lho. Lampu depan tetep dual-keen tapi lebih sipit, pun begitu komposisi lampu sein-rem belakang, kombinasinya sama tapi lebih dinamis. Oh iyah, lampu depan full LED, dengan cahaya putih kebiruan, kereeeen. Btw ini satu-satunya motor di Indonesia yang lampu depan full led lho, tepok tangan. Sayang belakang enggak.

Panel sepedometer mirip kakaknya Vario 125 tapi terlihat lebih sederhana dengan full analog

vario110_2014_07

vario110_2014_10

vario110_2014_06

Bagasi jauh lebih luas dengan dek bagasi rata, gak helm-in, tapi lebih dari cukuplah untuk membawa 2 jas ujan dan masih tersisa ruang cukup lega. Jelas ini peningkatan dibanding bagasi lama yang luasnya gak seberapa. Btw bagasi juga bisa dibuka dari tombol disamping kunci kontak lho, ckckck makin dimanjain aja nih konsumen, tinggal pencet, jleg, kebuka deh. Trus ada juga fitur baru call-back-alarm, dibahas dibawah.

Urusan mesin, gak beda sama Beat Fi, sama plek. Fitur radiator pada versi karbu dihilankan diganti pendingin angin ajah, ya biar menghemat ongkos produksi juga, satu mesin dipake rame-rame. IMHO, knalpot turunan beat fi sedikit mengganggu, bentuknya kekecilan gituh. Mungkin karena gw terbiasa sama gen lawas yang knalpotnya lebih panjang dan besar. Hmmm panjang dan besar😛

vario110_2014_08

vario110_2014_01
Pas duduk, terasa lebih rendah dibanding gen lawas dan dibrosur emang lebih rendah 24mili dibanding versi karbu. Cukup membantu kaum hawa nih, bikin ni motor mudah dipakai siapa ajah. Dek gak lebih lebar dari versi karbu, tapi gak sesempit beat fi juga, hmm sepertinya rangkanya sedikit beda dibanding beat fi nih (cmiiw).

Begitu colok kunci, biarkan engine checking modul fi, lampu checking off lansung teken tombol starter. Cletak bruummmmm. Suara dan impresinya sama persis kayak beat fi. Tarik gas, meliuk-liuk di cone, terasa kelincahannya cocok buat comuter, diujung lintasan tarik rem dan puter balik. Oh iyah, Vario 110 Fi sudah dilengkapi fotur rem CBS, teken rem depan, maka otomatis ban belakang ikutan ngerem, mantab. Rem depan disk brake satu piston belakang tromol.

Suspensi khas Honda banget yang lebih mengutamakan kenyamanan ketimbang kestabilan di kecepatan tinggi. Untuk masalah tarikan, gw ngerasa lebih letoy yah ketimbang versi karbu, tapi pabrikan bilang konsumsi bbmnya lebih irit 26% (56,3 Km/Liter) dan topspeednya lebih tinggi dari yg lama. Hmmm okelah, lebih lemot tapi konsekuensnya lebih irit.

Impresi riding secara keseluruhan libih mirip naek beat tapi dengan body yang lebih panjang ketimbang naek vario karbu. Wajar, karena mesin dan jeroan emang beat punya.

vario110_2014_05

vario110_2014_09

Waktunya mencoba fitur baru, remot alarm. Gw mau ngetes seberapa jauh sih jangkauannya dan beneran efektif apa kagak. Suara alarm di set ke suara-1, kata yang jaga ada 4 tipe suara. Trus gw coba jalan ke ujung tes ride area (liat gambar biar tau seberapa jauh jarak gw dan motor). Sesampainya diujung coba pencet remotnya.

Hasilnya ? dilokasi tumplek blek yang terbuka dan rada bising ini, suara alarm cuman kedengeran dikit banget😛. Lampu sen keliatan berkedip menandakan sinyal remot diterima oleh motor. Mungkin klo di tes di areal yang lebih sepi atau di basement baru kedengeran jelas kali yah, lagian gw juga cuman nyoba satu nada.

vario110_2014_03

vario110_2014_02

Tapi patut diacungin jempol lah, inovasi baru nih unutk motor. Dan bisa buat gaya-gayaan juga, pas udh deket motor, pencet remot, otomatis klakson bunyi tin-tin, biar mirip mobil gituh😀

Kesimpulan, cukup cerdas langkah Honda meremajakan matic pertamanya. Design tetep mengandalkan elegan everlasting dengan sedikit sentuhan sesuai jaman, tapi mesin menggunakan Beat Fi biar common part dengan Beat, Scoopy dan Spacy, ujung-ujungnya efisinsi ongkos produksi dan harga bisa ditekan. Harga bisa ditekan, otomatis bisa nambahin fitur yang gak ada sebelumnya. Klo sebelumnya cuman ada side stand switch, parking brake dan magnetic secure key shuter sekarang ketambahan lampu full LED, ruang bagasi lebih lega, remot alarm, rem cbs, pembuka jok otomatis, pengait barang dengan pengunci, lengkap bener yak😀.

Motor ini dijual OTR jakarta Rp.15.200.000, atau cuman naik 150rebu doank dibanding versi karbu tapi fiturnya jadi bejubel. Mau beli ? jangan kontak gw, datengin dealer terdekat… Okeh, semoga berguna.