suzuki-karimun-wagon-r_663_382

Masih dari Medan, kemaren pas lagi nunggu mobil carteran yang bakal nganterin ke Siantar, sampingnya adalah main dealer Suzuki. Kesempatan ini gw pake untuk ngeliat langsung salah satu produk LCGC Suzuki, Karimun Wagon R. Didiler adanya tipe GX, jadi tipe inilah yang akan gw review.

Design cenderung mengotak dan bagian belakang rata depan emang bukan selera umum. Body samping polos tanpa lekukan dengan handle pintu model jepit. Lampu depan besar seperti model APV dengan gril lebar sampe bemper bawah. Rumah fog lamp disediakan tapi lampunya enggak😛, bahkan untuk trim GX, tapi bisa dibeli terpisah. Ban menggunakan ring 13 velg aloy dengan profil sangat tifisss, katanya sih biar lebih irit. Atap juga dilengkapi dengan roofrail bawaan sementara untuk aksesoris spoiler beli sendiri gan.

WAGON

Material body gw ngerasa cukup kokoh, so-so lah dengan harganya. Sementara untuk dimensi memang tidak terlihat proporsional yah, mungkin jika dibikin lebih lebar seperti abangnya Karimun kotak bakal lebih asik lagi. Spion bukan model triplek alias sudah dilengkapi dengan cover sewarna body walaupun pengaturan masih manual.

note : dua foto atas gw ambil dari gugle, credit gak tau punya siapa.😀. Selanjutnya poto sendiri😛

DSCF1054

DSCF1059DSCF1055DSCF1056DSCF1062

Fitur bawaannya ac, elektrik power steering sehingga menyesuaian dengan kecepatan, ringan saat pelan dan berat saat ngebut. Power window untuk pintu depan saja, central lock, imobilizer, alarm, child lock protection. Panel konsol sudah dilengkapi takometer dan ada tambahan shift indikator, jadi klo udah waktunya ganti gigi bakal kedip kedip lampunya, lumayan ngebantu ngirit minyak. Ke-4 bangku dilengkapi seatbelt dengan pretensioner, hmmm jadi inget sebelah yg model selempang😛.

Sayang ac gak dilengkapin pengaturan arah dan sumber udara, downgrade dibanding estilo.

DSCF1053

DSCF1048

Dashboard dual tone hitam dan coklat cerah, terkesan cheap tapi ya maklum lah, sebelah juga begitu. Terdapat compartment dengan penutup. Kisi-kisi ac rada gak kompak nih, dideket head unit bentuknya ngotak, dideket jendela mbulet.

Setir ada aksen krom, begitu juga panel pintu depan dan pada bukaan pintu. Head unit masih single din dengan cd player, aux dan usb input. Tempat botol hanya ada didepan, tepatnya di tengah deket perseneling. Speaker ada 4 gan ditiap pintu.

Bangku datar aja yah designnya, depan lebih melengkung sesuai body tapi belakang flat. Bahannya pun fabric dan headrest fix gak bisa diatur. Btw ini paling empuk, baik ukuran busanya emang lebih tebel maupun saat gw coba duduk (dibandingin sesama LCGC). Dibawah bangku penumpang depan ada compartment tambahan. Pertanyaan muncul, klo nyimpen big mac trus penumpangnya kentut, kira kira gimana ?😀

DSCF1058

DSCF1050DSCF1049Pas duduk, baik bangku depan maupun belakang, rasanya lega bener gan, kaki gak mentog dan masih menyisakan ruang lumayan buat geser geser dengkul. Ruang kepala pun masih sisa untuk gw yg tinggi 165cm. Duduk di bangku supir, pandangan jelas, pilar A gak terlalu besar sehingga mengurangi blind spot.

Bagasi belakang gw bisa bilang lega, lebih lega dari avanzaxenia lama soalnya. Kalo masih kurang lega, bisa lipet bangku belakang, ato taroh atap, tinggal iket rapia ke roofrail.
DSCF1051 DSCF1052DSCF1060

Mesin 1.000cc 3 silinder

Verdict : sesuaikah dengan taglinennya yang “Lebih dari cukup” ? Buat gw pribadi, lawan GX cuman Ayla untuk LCGC 5 seater yang value for money dengan kelebihan kabin lebih lapang, bangku lebih empuk, bagasi lebih lega, fitur gear shift indicator dan sepertinya sound yg lebih bagus (harus dites klo ini). Tapi disisi lain, Ayla punya versi matic walau harus ditebus dengan harga lebih dan Ayla designnya lebih manis yah.

Tapi jika beli tipe GL, ini juaranya value for money. Saran gw ya ambil GL aja gan, fitur sama persis GX cuman beda aksesoris aja seperti aksen krom di setir dan door trim, speaker cuman 2 dan hal kecil yg gak gitu keliatan yah dan yg terpenting selisih harga GL lumayan nampol dibanding GX😀.
DSCF1061DSCF1063 Untuk harga bisa buka web resminya disini gan, n untuk customer medan dan sekitarnya monggo kontak mbak Lisa, katanya ada promo cicilan terjangkau.😀DSCF1064Okeh semoga berguna gan… gw siap-siap ngejar pesawat ke jakarta, ups nyari pancake durian dulu😛