Rabu kemaren gw kesempetan mampir ke kota Pematang Siantar, walaupun gak lama, terlalu singkat malah. Total cuman 6 jam-an kaki gw menjejakan tanah di Pematang Siantar, dari Medan jam 10 sampai di Siantar setengah 2, jam 8 malem sudah harus kembali ke Medan. Huft, capek pol. Disiantar pun hanya murni ngerjain server. Keluar kantor cuman pas makan malem, momen ini lah dipake buat cari tau kuliner khas siantar.

kedai kok tong

Salah satunya kedai kopi Massa Kok Tong, sebenernya udh gak cocok dibilang kedai. Liat aja foto diatas, sepertinya lebih cocok disebut kafe. Menu andalannya Kopi O, ini kopi hitam, ada 2 pilihan bubuk halus atau bubuk kasar dan dua penyajian panas atau dingin. Selain Kopi O, masih banyak lagi sajian kopi lainnya, seperti kopi mocha, kopi susu, kopi jeli, minuman lainnya pun ada semacem teh tarik, teh susu telur (tst) dsb.

Untuk menemani secangkir kopi, disediakan juga menu cemilan macem franch fries, roti bakar, nugget dsb. Bahkan menu besar seperti mie seafood, nasi goreng, tapi sepertinya yg dateng kemari ya pesennya kopi + cemilan, jarang makan besar.

menu andalan kok tong kopi jeli kopi o

Rasanya ? hmmmm gimana yah, enak tapi maaf nothing special yah, tapi mungkin yang dijual bukan hanya kopi tapi lebih ke vanuenya. Cos tempatnya emang cozy banget, cocok buat nongkrong lama-lama, terutama klo ditemani kawan atau kolega, baik sekedar ngobrol ngalur ngidul atau membahas bisnis.

Untuk tempat yg asik, lu gak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Kopi O dihargain 8.000an doank secangkir kecil, sementara kopi variasi laennya maksimal 15 ribu ukuran gelas besar. Ceminal juga harganya normal, contoh roti bakar ya 6.000. Ekonomis banget kan dibanding franchise kopi yg banyak di jakarta😀. Tapi jadi gak ekonomis klo diitung tiket pesawat pp jakarta medan + trevel medan siantar heheheheee.
badakAda satu lagi minuman khas sini, minuman Badak. Minuman rasa sarsaparila dengan kemasan botol seperti coca cola. Ini cuman ada di Siantar dan sekitarnya. Rasanya ya sarsaparila😀

Okeh gan, sekian laporan singkat dari Siantar, semoga berguna.