Pagi Gan, didunia marketing pasti ada yg namanya persaingan. Nah kira kira kompetitor yg ideal itu yg gimana sih klo dari kacamata produsen ? Klo melihat pemimpin pasar sepeda motor lokal saat ini, kompetitor yang “ideal” buat honda ya suzuki dan kawasaki.

IDEAL APA NIH ? powernya imbang ? berani diadu nyentul ? design bagus ? mesin klotok-klotok ? stop stop stop gak usah negatif thinking dulu. Ideal-nya kita lihat dari sudut pandang produsen, jadi klo masih pola pikir fb* ya monggo minggir dulu bentaran.

honda-vs-yamaha

Kenapa suzuki disebut kompetitor yang ideal ? Liat aja Satria FU, penjualannya moncer. Sementara honda terkesan membiarkan. Kenapa ? karena emang market segmented, walaupun tetep laku lho. Gak usah laku banyak, tapi cukup laku untuk membuat pabrikan survive. Kalo lakunya banyak, bisa-bisa modalnya nambah. Modal nambah ya bisa nambah model baru yang nantinya bakal mengganggu lautan yg udh sesak. Begitu juga kawasaki yang asik main di segmen sport 250 keatas. Laku sih iyah, tapi ya gitu dhe, secara ms nasional gak keliatan.

Karena itu, honda berusaha menggencet abis-abisan yamaha. Harapannya sampai tahap gak mampu lagi rebound. Mirip suzuki dulu, sempet jadi nomor 2 nasional, tapi akhirnya surut dan gak mampu bangkit, rilis model baru ditolak pasar, rilis model baru ditolak pasar, lama-lama abis modal dan cukup puas dalam posisi bertahan. Model kompetitor kayak gini yang disenengin lawan bisnisnya.

CBR205R

Buktinya ? liat aja perilisan harga CBR250R. Dimana harganya turun sekitar 2jt dibanding versi lawas. Padahal di versi baru ini, udah dual keen eyes, power juga naek 3HP. Saat masih saingan sama Ninja, CBR pede aja jualan diangka segitu. Giliran R25 masuk, baru deh ketar ketir, cos tujuan utama menggencet abis-abisan yamaha bakal semakin susah klo same salah satu lini-nya laku total dipasaran. Gak cuman R25 aja sih, R15 juga.

Produk laku total -> nambah modal -> bisa disubsidi ke produk laennya, rilis mesin baru, rilis design baru dsb. Nah ini yg coba dicegah honda. Makanya mereka menjaga betul kepemimpinan di pasar skutik dan bebek sanbil terus menekan di sport.

Gimana klo pemimpin pasar-nya Yamaha ? ya sama aja, strategi yg sama bakal diterapin. Kompetitor yg ideal buat produsen ya yg angka jualannya bisa diatur sama si produsen😀