Halow gan, beberapa hari terakhir, apalagi kemaren, blog otomotif dan media rame sama MotoGp dan debat capres😛 dan tentu saja Piala Dunia 2014. Tapi minggu kemaren jagad otomotif roda dua sempet dibikin melongo sama press release AHM soal market share sport mereka di Jan-Mei 2014. Angka produksi sport AHM selama 5 bulan selisihnya cuman sekitaran angka produksi setengah bulan dibandingkan YIMM, jawara sport saat ini.

AHM merebut market share kompetitor bukan hal yang aneh bin ajaib. Tapi caranya di segmen sport ini yg cukup membuat orang garuk garuk kepala. Hampir 2 bulan terakhir pemberitaan motor sport dikuasai oleh Yaamaha dengan berita R15 dilanjut R25. Heboh indent online yg tembus 5.000 unit dalam 2 hari untuk motor seharga 50an juta, trus R15 yg indent onlinenya juga gak kalah heboh. Tapi apa daya, berdasarkan data AISI, semua dikemplengin sama Verza yg notabonenya sport termurah dari Honda.

sport-jan-mei-2011-2014pic dari eyang edo disini beserta data angka penjualannya.

Saat ini, R15, jagoan baru sport Yamaha masih maen sendirian di segmen teratas sport 150. Harga yg gurih, design yg meruncing dan serba ganteng setrta konon ketjang dengan teknologi MotoGP.

Pun begitu dengan Verza yg juga maen sendirian tanpa lawan. Tapi apakah motor sport murah lebih disukai dibanding sport berfairing ? itu perlu dibedah lagi.

Pertanyaannya, apakah memaksimalkan produksi R15 untuk mempertahankan tahta market sport merupakan suatu solusi ? R15 memang keren, kentjang dan guanteng. Tapi apakah masyarakat umum menginginkan motor tersebut unutk dipake harian ? apa gak sayang, ato justru banyak yg merasa “pegel” klo tiap hari haris duduk nunduk ditengah kemacetan. Padahal bagi kebanyakan orang dinegeri ini, motor digunakan sebagai alat tempur harian. Karena itu kriteria nyaman, gak bikin capek, gak rewel dan biaya operasional yang murah merupakan suatu keharusan. Keren, prestise, kentjang mungkin point kesekian.

Coba deh itung, berapa banyak yg beli motor buat harian dibanding buat hobby ?

Satu-satunya jalan ya bikin pendamping buat sparing partnernya Verza ? Atau, gak perlu lah bikin pesaing Verza, tapi cukup memaksimalkan NVL. Liat kurangnya NVL apa, trus turutin keinginan konsumen. Toh TOP OF MIND motor sport saat ini masih NVL kan ?

BEWARE, ada anjing galak😛 (nyomot komen dipostingnyannya om kobel)