Gak lama lagi, pemerintah bakalan membuka lowongan besar-besaran untuk para pencari kerja yg pengen jadi CPNS. Gak seperti tahun tahun sebelumnya dimana Kementerian dan/atau Lembaga Negara ngadain sendiri proses rekrutasinya. Tahun ini, semua dilaksanakan serempak, dan penyelenggaranya adalah Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negaran (Kemenpan).

Kementerian Keuangan sendiri membuka 9.000 formasi yang siap diisi (sumber detik). 6.000 diantaranya akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Bea dan Cukai.

Kemenkeu emang udh terbiasa melakukan pendaftaran secara online dan kali ini, kemenpan mengadopsi hal yg sama, salut. Registrasi dilakukan secara online, lalu dilanjutkan tes berjenjang, mulai dari tes akademik, psikotes, fisik, kesehatan dan terakhir wawancara.

Tahun-tahun sebelumnya kemenkeu membuka portal cpns di tautan berikut ini. Nah untuk 2014 ini, semua rekrutasi cpns dilakukan terpusat oleh Kemenpan. Registrasi dilakukan di tautan ini. Jadi bukan hanya cpns kemenkeu aja yg registrasi disitu, tapi semua K/L.

Saat ini (8 Agustus 2014), web tersebut belum dibuka, baru tgl 20 agan2 bisa melakukan registrasi. Tapi info yg gw dengar, bbrp hari sebelum tgl 20, web tersebut udah bisa dibuka unutk melihat syarat dan formasi yang tersedia di tiap-tiap KL.

Tips
Sedikit tips dan saran dari gw, BANYAK2 BELAJAR tes TPA dan Psikotes. Pengalaman pribadi gw, tes tpa tidak jauh berbeda dengan yang ada di buku-buku Tes TPA CPNS yg banyak dijual di gramedia. Atau khusus untuk kemenkeu, bisa belajar buku-buku tes TPA masuk STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara).

Untuk tes psikologi jawab sesuai diri anda, jangan jawab yg laen apalagi mengada-ada. Tes fisik, untuk cowo coba dapetin 5-6 putaran lapangan bola, cewe boleh 4. Klo tes kesehatan sepertinya subjektif yah, klo punya AIDS or resiko tinggi jantung or penyakit resiko laennya ya mohon maaf sepertinya.

DAN PALING PENTING JANGAN NYOGOK dan JANGAN CARI JALAN BUAT KKN. Gw dan kakak masuk kemenkeu murni tanpa duit duitan dan seluruh cpns kemenkeu 2009 juga seperti itu. Klo dari awal udah niat nyogok, berarti ente cuman pengen jadi Gayus bukan jadi pelayan rakjat.

Monggo disebarkeun…