Masih seputaran aquascape. Klo sebelumnya dah pada au kan gw ketambahan hobby baru😀. Berdasarkan hasil penelitian gw, hobby ini butuh duit yg lumayan untuk perlengkapannya. Karena itu sebisa mungkin gw coba bikin sendiri ato bahasa kerennya Do It Yourself (DiY).

Kali ini gw mo share bikin aquarium. Kebetulan gw punya aquarium bekas ukuran 90x40x50, tapi karena satu adn lain hal, akhirnya ini barang pecah dan bocor. Daripada nganggur, mending gw pake lagi. Tapi karena posisi pecahannya yg gak banget, akhirnya gak bisa pake ukuran semula, jadi harus di rescale jadi 60x35x40.

Tools
tools

Gak ush gw sebutin ulang yah tools-nya apa aja. Selanjutnya adalah trik memotong kaca : pastiin piso kaca udh direndem di minyak tanah, potong kaca menggunakan piso kaca tersebut dan alat bantu media/penggaris panjang dengan cara piso kaca sedikit ditekan dan potong secara langsung (sekali sreeetttt, gak boleh dua kali or lebih). Klo blon yakin, latihan dulu di kaca bekas.

Selanjutnya kasih ganjelan kecil (gw pake spidol mewarnai snowman yg kecil) pada satu bagian dan tekan supaya kacanya terbelah (lihat gambar biar jelas).

tips_potong_kaca

kaca siap rangkai

Setelah bahan kaca udh sesuai ukuran selanjutnya merangkai. Beri list menggunakan masking tape pada bagian dalam kaca. Hal ini agar nanti mudah membersihkan sisa lem silikon yang meleber.

10399984_10152462893428772_7419202041186507293_nOh iyah, klo lu merangkai di lantai, kasih alas yang agak empuk, misal keset or triplek.

Pasanglah kaca secara hati2 dengan menggunakan lem silikon. Gw pribadi memasang bagian depan terlebih dahulu. Trus dipegangin sampe lem agak kering, lalu dibiarkan berdiri tegak sendiri dan selanjutnya pasang bagian kanan kirinya. Agar saling mengikat, kasih masking tape pada bagian kanan dan kiri dengan depan.

Gunakan penggaris siku untuk mengetahui apakah kaca bagian satu dan lainnya saling berdiri tegak 90 derajat.

10698480_10152462893458772_7794902626952114677_nSetelah jadi, diamkan 24 jam agar lem mengering sempurna. Selanjutnya bersihkan sisa lem yg meleber dan tes diisi air dan diamkan beberapa saat sambil diperhatikan ada yang bocor pa kagak.

tes bocorPS : lakukan pengetesan di luar rumah, bisa di teras, garasi, carport or tengah jalanan sekalian😀, resiko cuy klo sampe bocor didalem rumah, ngepelnya repot.

Bahan baku :
~ lem silikon 20.000
~ kaca gratis
~ masking tape gratis pake bekas hobby gunplaOkeh, semoga berguna

okeh, semoga berguna