Apdet penampakan tank usia 9hari. Walaupun gak pernah pearling, tapi alhamdulillah per-kemaren udh pada muncul tunas-tunas baru.

DSCF1389

DSCF1385

DSCF1387

Daon barunya ijo muda seger2, seneng banget ngeliatnya, smoga gak lama lagi pada nyebar dan makin lebat.

Treatment, masih water change 50% 2 hari sekali, co2 @ 2bps (indicator di ijo muda mendekati kuning). Yang sedikit diubah, jarak lampu ke permukaan dideketin 5cm dan ditambah pupuk aquasegar tipe awal tanam, 1 pencet perhari.

Sedikit info tambahan soal co2, gw pake diy versi ragi. Udh bertahan seminggu dan masih cukup kuat tekanannya. Sebelumnya pake diy versi sitrun, cuman bertahan 24jam, emang sih lebih joss, tapi lebih mahal😦

Photo0744

Berhubung taneman udh mulai tumbuh dan parameter co2 jg masih dilevel aman buat fauna (ijo muda), akhirnya gw beraniin masukin 5 ekor neon tetra biar makin meriah ajah.

DSCF1388

DSCF1392

Oh iyah, seperti diawal gw bilang, tank gw blon pernah pearling, tapi ternyata tetep tumbuh tunas baru kan. Nah, dari situ gw percaya saran para master “jangan ngejar pearling, gak pearling bukan berarti gak subur”. Tapi emang sih, klo pearling itu lebih gimana gituh, keren ajah :p…

Ilustrasi pearling (credit : Kris Weinhold)

pearling

Oke, semoga berguna