Dapet surat tugas dinas dari kantor, tujuannya bandung. Tujuan utama jelas menyelesaikan kerjaan, yaitu instalasi server baru di 2 KPP dan 1 Kanwil yang kesemuanya ada di kota bandung. Gak lengkap klo ke bandung tanpa jajan dan jalan jalan toh.

tamanJomblo

Kali ini gw bahas makanannya dulu deh, sebenernya bandung gak punya makanan khas yah. Cos gw 6 tahun kuliah disini dan selama itu, kayaknya nih kota gak punya makanan aseli daerah selaen lalapanšŸ˜€. Ngomongin kuliah, jadi inget klo itu udah 13 tahun yg lalu.

Biar ga punya makanan khas, orang bandung tuh kreatif, makanya sampeĀ tiap wikenĀ jadi destinasi utama wisata para warga jakarta yg udah suntuk sama macet, kerjaan, dan macet lagi, blon banjir yg bikin macet, ato kecelakaan lalin yg bikin macet juga, hahahaha. Oke back to topic, yups warga bandung kreatif, makanan biasa dibikin unik, kadang tempatnya yg unik, namanya, ato bahkan rasanya.

miereman

Nginep di hotel di sekitaran braga, jalan jalan sekitaran situ juga banyak tempat makan yg cozzy banget. Tadinya mau nyemil di Mi Reman, bukan ramen lho tapi reman, plesetan dari preman. Katanya sih, karena pedesnya, klo makan mi ini sensasinya kayak digebukin sekelompok preman. Emang klo digebukin preman jadi kepedesan yah ?šŸ˜€ Ada bangku kosong ya langsung masuk ajah, bingung juga liat orang pada nongkrong didepan, oh mungkin lagi pengen ngobrol, maklum anak anak muda. Duduk disodorin menu, harganya seragam 11rb, setelah menentukan pilihan panggil waiterss buat pesen menu. Lha di tanya, udah waiting list mas ? lho, nunggu toh ? oala kenapa tadi saya dipersilahkan duduk. Tanya tanya, nunggu berapa lama ? 5 antrian lagi. Weleh, out aja deh.

Di ujung jalan braga ada juga ramen, tapi kayaknya kejauhan. Batal deh nyemilnya, skalian makan malem lah di Bebek Garang aja yg tepat di samping mi reman. Seperti gw bilang diawal, orang bandung kreatif, menu di Bebek Garang namanya unik unik, bekmud debus, kagok negro, america, grinpis dll. Bingung mau yg mana dan males baca penjelasan per menunya, tanya aja yg rekomen mana ? gw pesen deh bekmud debus.

bebek-debus

Ini bebek direndem yang lama diresep rahasia biar pedesnya meresep, trus dibakar, dan dilumurin sambel, entah lah sambel apa. Rasanya ? biasa sebenernya, enak, pedesnya juosss. Tapi ditempat laen juga sama. Yang beda ya ini di bandung, namanya unik, tempatnya cozzy, enak buat nongkrong lama, tinggal tambah kopi or makanan ringan laennya yg namanya sama sama unik. Oh iyah sambel yg dilumurin tingkat kepedesannya standart menurut gw, ada sambel cocol laennya yg pedesnya kelewatan. Kelewatan tapi masih ketelen kok.

Harga jg bersahabat, rata rata 25rb-an udh termasuk nasi + extra nasi gratis. Minum, bawa aja aqua dari hotel hahahhaaa. Ice capunico 11rb, es teh manis 6 ribu, banana split, pancake dll. Murah menurut gw untuk makanan resto, daripada lu ke fastfood yg menunya 4L.

Keunikan laennya, ada tawaran HarDisk (hari diskon). Misal rebo, klo lu joget sesar didepan kasir selama 2 menit, dapet diskon 15%. Hari sabtu, tulisannya “lagi males ngasih diskon…”, tapi angkanya 15%, maksudnya ? ya pas minta bon bilang aja lagi males ngasih diskon yah kang ? trus dapet diskon deh… hehehe unik kan.

kosa kata baru : biasanya klo iklan pake bintang ketjil, di bandung pake sakau, alias syarat dan ketentuan berlaku.